Thursday, December 31, 2015

Apa itu Pendidikan Non Formal?

Posted by Popon Aryani Sapitri on Thursday, December 31, 2015




Apa itu Pendidikan Non Formal?

Eh, kamu kuliah dimana? | Unnes | Jurusan apa? | Pendidikan Non Formal | Apaan tuh?
Lalu *krikrikkrik*
Saya sangat sering mengalami kejadian ini, banyak sekali orang diluar sana yang tidak tahu ada jurusan bernama PNF/PLS. Sebenernya apa sih PNF itu? Lalu apa yang dipelajari mahasiswa PNF? Pekerjaan apa yang bisa didapat setelah lulus nanti?Selama satu semester saya menjadi mahasiswa PNF, sebenarnya saya belum tau banyak tentang ke-PNF-an mengingat saya dulunya anak SMK Jurusan Akuntansi. Tetapi bila ada pertanyaan semacam itu saya sudah sedikit bisa menjawab.
Jadi Pendidikan Non Formal itu pendidikan yang ada diluar sistem pendidikan formal atau lebih jelasnya diluar sistem persekolahan yang pada umumnya berorientasi pada pemberian layanan pendidikan masyarakat yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti pendidikan formal. Contohnya : PKBM, SKB, KURSUS, BIMBEL, KOMUNITAS, dll. Pendidikan Non Formal tidak terrpatok pada usia dan tempat, peserta didik pendidikan non formal mencakup anak usia dini (balita), anak-anak dan remaja, orang dewasa dan lanjut usia. Masalah tempat, bisa dimana saja karena sistemnya tidak formal.
Apa saja yang dipelajari mahasiswa PNF? Banyak sekali yang kami pelajari, hampir semua aspek mulai dari sosiologi, antropologi, psikologi, pendidikan seumur hidup, kesehatan masyarakat, perkembangan anak usia dini, dinamika kelompok, metode penelitian, statistika, ekonomi pembangunan, pekerjaan sosial, TI, pengembangan media & kurikulum, dll. Jadi menurut saya materi PNF sangatlah lengkap dan mencakup semua yang ada dalam kehidupan kita.
Pekerjaan apa yang yang cocok setelah lulus nanti? Lulusan PNF saat ini sangatlah dibutuhkan, hanya terkadang karena ketidaktauan, yang menempati bukanlah dari orang PNF itu sendiri. Di Indonesia hampir disetiap kotanya mempunyai SKB, PKBM, Lembaga Kursus, BKKBN dll. Disitulah posisi yang pas untuk lulusan PNF. Banyak juga lulusan yang melanjutkan S2 kemudian menjadi dosen. Pada intinya lulusan PNF harus bisa membantu dan memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, tugas kita sangatlah mulia, yaitu mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain :)

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment