Wednesday, March 6, 2019

Radjawali Semarang Culture Center hadir sebagai "Panggung Kreasi Seni Anak Bangsa"

Posted by Popon Aryani Sapitri on Wednesday, March 6, 2019


popon.web.id

Semarang, 5 Maret 2019

Radjawali Cultural Center mengadakan sebuah acara bertajuk "Radjawali Kulo Nuwun". Acara ini menghadirkan 3 pertunjukan sekaligus yaitu penampilan Tari Balet, Paduan Suara dan juga seni teatrikal. Radjawali SCC mengundang berbagai elemen seperti Disporapar, Yayasan Widya Putra Semarang, Komunitas Seni Budaya Semarang, Blogger serta Influencer yang ada di Kota Semarang dan sekitarnya. 
popon.web.id
Sambutan General Manager Radjawali SCC
Acara di buka dengan sambutan dari Bapak Andre Handrijana Hardha, selaku General Manager Radjawali SSC. Beliau mengatakan "Nama Radjawalidiambil dari nama sekolah dasar yang didirikan oleh ayah pemilik gedung ini, dimana sekolah tersebut berada di daerah Juwana, Pati (kampung halaman owner). Salah satu alasan didirikannnya gedung ini adalah sebagai wujud terimakasih kepada orang tua dan seluruh leluhurnya, karena masa kecilnya telah ia habiskan di Kota Semarang". 

Radjawali SCC ini hadir untuk mewadahi pelaku seni yang ada di Semarang khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Owner sendiri merasa bahwa gairah kesenian di Semarang masih rendah, sehingga dengan adanya gedung Radjawali SCC ini diharapkan agar warga semarang mempunyai kebanggaan akan kebudayaan lokal dan juga menjadi wadah agar kesenian dan kebudayaan di Semarang terus berkembang.

Selanjutnya dijelaskan oleh Bapak Gideon Guruh, selaku Marketing and Event Manager di Radjawali SCC. Gedung ini diharapkan dapat menjadi tempat pertunjukkan seni budaya Indonesia dengan cita rasa berstandar internasional.  

Sebelumnya, mungkin warga semarang (khususnya saya) belum begitu familiar dengan gedung Radjawali SCC ini. Sebenarnya gedung untuk apa ini ya (setelah bolak-balik lewar Jl. Pierre Tendean. Letaknya sangat strategis yaitu di Jalan Pierre Tendean No. 32, dekat dengan Paragon. Pasti kalian sering lewat, tapi mungkin kurang 'ngeh', karena lokasinya yang agak masuk. 


popon.web.id

Didepan gedung berdiri gagah patung burung rajawali yang sedang mengepakkan sayapnya. Kesan pertama masuk gedung ini adalah desain arsitekturnya yang Masya Allah, detail sekali. Gedung Radjawali SCC ini terinspirasi dari kekayaan alam dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Wujud kekayaan alam dan budaya di terjemahkan dalam 3 unsur yaitu hutan, laut dan batik.

Hutan direpresetasikan dengan batang-batang yang melengkung menjulang keatas, ini melambangkan kekuatan, kebijaksanaan dan pemberi kehidupan. Laut direpresentasikan dengan desain lingkungan dibagian tengah atas depan yang melambangkan ketenangan, kekayaan dan kebergaman. Lalu batik menggambarkan ciri khas budaya Indonesia. Ketiga unsur tersebut dapat dinikmati di Gedung Radjawali SCC ini. Pada malam hari, bangunan ini juga dipercantik dengan permainan lighting.


Di Radjawali SCC ini ada 3 bagian utama yang bisa digunakan

OUTDOOR PLAZA

popon.web.id

Ruangan terbuka ini disediakan secara cuma-cuma untuk komunitas yang ingin menggunakannya. Syaratnya adalah komunitas tersebut merupakan komunitas seni, budaya atau olahraga. Sejauh ini Radjawali SCC sudah bekerjasama dengan Yayasan Djarum Indonesia, yaitu setiap hari kamis diadakan senam mulai dari jam 3 sore. Buat teman-teman yang free, bisa join langsung yaa :)

MULTIFUNCTION HALL

popon.web.id

Multifunction Hall ini berukuran 400 meter persegi, biasa digunakan untuk pemeran seni, jamuan makan, seminar dan juga acara seperti wedding atau ulang tahun. 

PERFORMANCE HALL

popon.web.id

Terletak dilantai 2 dan 3 yang berisi 279 kursi penonton, layar LED screen 12 x 6 meter panggung ukuran 16 x 7 meter, ruang FOH beserta sound engineering, operator lighting dan operator multimedia. Ruangan ini khusus diperuntukkan pertunjukkan seni. Detail interiornya sangat rapi, lighting dan sound juga sangat mendukung untuk acara pertunjukkan seperti orkestra, drama musikal, teater, paduan suara, tari, dan kesenian lainnya. Setelah diperhatikan dengan seksama, desain interior performance hall ini menyerupai sayap burung rajawali. Sayap tersebut seolah menaungi semua orang yang sedang menyaksikan pertunjukkan. 


Beberapa pertunjukan yang disuguhkan dalam acara Radjawali Kulo Nuwun ini ada 3, yaitu penampilan balet dari Sanggar Balet Maranatha, paduan suara Gratia Choir dan juga Teater Sentir. 

popon.web.id
Penampilan Balet Maranatha

popon.web.id
Penampilan Gratia Choir

popon.web.id
Penampilan Teater Sentir


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi :
Gideon Guruh | Event & Marketing Manager Radjawali SCC
gideon@radjawaliscc.co.id | 081235579934

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment