Wednesday, December 20, 2017

Jangan Nge-Charge HP-mu di Laptop, ini Bahayanya

Posted by Popon Aryani Sapitri on Wednesday, December 20, 2017


Jangan Nge-Charge HP-mu di Laptop, ini BahayanyaJangan Nge-Charge HP-mu di Laptop, ini Bahayanya - Beberapa laptop dibekali gimmick kemampuan untuk nge-charge smartphone. Bahkan tak jarang para produsen laptop menjadikan hal itu sebagai nilai jualnya. Padahal nge-charge smartphone pake laptop itu bisa menimbulkan bahaya-bahaya berikut:


1. Smartphone Cepat Rusak

Meski aliran listrik yang dihasilkan oleh smartphone bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone, tapi arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidaklah kuat. Karena mengisi ulang dengan aliran listrik yang lemah, dampaknya mengisi ulang smartphone pun menjadi lama.

Apa dampak lanjutan dari proses isi ulang baterai smartphone yang lama? Kamu jadi menggunakannya selama proses isi ulang. Hasilnya, baterai smartphone kamu jadi tidak awet.

2. Membuat Baterai Laptop jadi Cepat Rusak

Karena sama-sama menampung daya untuk digunakan di lain waktu, maka secara teknis laptop itu sama dengan power bank. Tidak heran jika kemudian kamu menggunakan laptop untuk mengisi ulang baterai smartphone. Tapi perlu kamu sadari juga, karena sama dengan power bank, maka baterai laptop juga memiliki life cycle atau siklus hidup.

Jika kamu sering menggunakan laptop sambil mengisi ulang smartphone, baterai laptop kamu akan jadi cepat aus. Hal ini terjadi karena saat digunakan mengisi ulang smartphone, baterai laptop jadi cepat habis, sehingga membuatnya cepat harus di-charge lagi. Semakin sering diisi ulang, siklus hidup baterai laptop pun semakin cepat berkurang.

3. Rawan Pencurian Data

Dengan menggunakan proses 'Handshake' atau proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika saling terhubung, hacker bisa mencuri data smartphone yang diisi ulang menggunakan laptop. Hal ini terjadi karena proses 'Handsake' membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, daftar file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

Nah, proses ini membuka kesempatan hacker untuk mencuri data di smartphone. Dengan memanfaatkan command khusus yang bertugas untuk meng-install sistem root pada smartphone, hacker bisa dengan mudah mencuri semua data yang ada di smartphone kamu.

Cara Aman Nge-Charge Smartphone Pake Laptop
Gimana, serem kan bahaya yang ditimbulkan jika kamu sering ngecas smartphone pake laptop? Kamu bisa kehilangan data, smartphone rusak, atau bahkan laptop kamu yang rusak. Untuk menghindari hal-hal tadi, sebaiknya kamu:

Charge smartphone dengan laptop hanya saat darurat. Jika terhubung dengan laptop, jangan aktifkan mode charge only jika tidak sedang darurat kekurangan daya. Akan lebih aman jika ngecas smartphone langsung dari sumber daya listrik utama.

Saat nge-charge smartphone dengan laptop, pastikan smartphone dalam keadaan terkunci. Hindari menggunakan smartphone selama di-charge dengan laptop.
Semoga bermanfaat!

sumber : jalantikus.com

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment