Friday, March 8, 2019

Tutorial Merajut Tusuk Rantai Bagi Pemula

Posted by Popon Aryani Sapitri on Friday, March 8, 2019

Dalam merajut, ada sebuah tusuk yang menjadi dasar dari segala kerajinan rajut. Namanya tusuk rantai atau chain (ch). Tusuk rantai inilah yang menjadi dasar dalam pembuatan kerajinan rajut seperti syal, tas, selimut, topi dan lain sebagainya. Untuk pemula, ada beberapa bahan yang diperlukan dalam merajut tsusuk rantai ini

1. Benang


Tentu bahan yang paling utama dalam merajut adalah benang. Benang disini juga ada beberapa macam, tergantung bahan bakunya seperti katun, polyester, nilon dan lain sebagainya. Biasanya pemilihan benang disesuaikan dengan kerajinan yang akan dibuat.
Benang rajut bahan katun

2. Hakpen 

Hakpen adalah alat utama yang dibutuhkan dalam merajut. Hakpen sering juga disebut jarum rajut/hakken.
Hakpen Rajut

CARA MERAJUT TUSUK RANTAI


1. Pertama-tama, yang teman-tean harus tahu adalah pembagian jobdesk dari tangan kanan dan kiri. Tangan kiri berfungsi untuk memegang dan mengendalikan benang. Tangan kiri berperan penting untuk menentukan kencang atau longgarnya suatu hasil rajutan. Sedangkan tangan kanan berfungsi untuk memegang hakpen. Cara memegang hakpen itu sendiri adalah seperti kita memegang pensil, atau bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

Cara memegang benang dengan tangan kiri

Cara memegang hakpen dengan tangan kanan
2. Awali tusuk rantai dengan membuat lingkaran dari benang seperti gambar dibawah ini. Pertama-tama kita harus membuat pentolan atau pondasi dari tusuk rantai itu sendiri.


3. Setelah membentuk bulatan, masukkan hakpen kedalam lingkaran. Kemudian kait benang dari dalam lingkaran tersebut



4. Lalu tarik kaitan tersebut melalui lubang lingkaran yang telah dibuat tadi


5. Untuk melanjutkan membuat rantai caranya sama, yaitu kait benang lagi tanpa melepaskan hakpen dari lubang yang kita masuki tadi. Lihat gambar di bawah ini.


6. Selanjutnya tarik benang melalui lubang tadi lagi.



6. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai jumlah rantai yang diinginkan. Usahakan agar besar lubang sama, tidak ada yang terlalu longgar atau terlalu sempit (karena akan berpengaruh pada hasil kerajinan yang kita buat)


7. Taraaa, hasilnya seperti dibawah ini. Latihan berulang kali sampai lancar ya teman-teman. Karena belajar rajut butuh proses dan ketelatenan.




Yak, jadi begitu cara membuat tusuk rantai. Gampang kan? (kalau sudah mencoba juga tahu sendiri wkwk). Sementara ini dulu ya, dicoba dulu, dilemaskan jari-jarinya untuk membuat tusuk rantai. Nanti insyaAllah akan dilanjutkan di postingan selanjutnya :)

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment